Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bontang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

WHO: Kecil Kemungkinan Ada Vaksin Corona Sampai Akhir 2021

  • Oleh Teras.id
  • 10 Mei 2020 - 13:01 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Perlombaan untuk mengembangkan vaksin corona yang akan mengakhiri pandemi Covid-19 semakin cepat ketika beberapa perusahaan sudah memasuki tahap uji klinis.

Namun demikian, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan bahwa kecil kemungkinan dunia akan memiliki vaksin sebelum akhir tahun 2021.

Dikutip dari Alarabiya, pengembangan dan distribusi massal vaksin secara luas dipandang sebagai cara yang paling mungkin untuk mengendalikan pandemi virus corona.

Pemerintah di seluruh dunia telah memompa dana ke dalam penelitian vaksin ketika perusahaan farmasi, perusahaan rintisan, universitas, dan lembaga penelitian bekerja siang dan malam untuk mengembangkan vaksin.

Tiga dari perusahaan farmasi terbesar Amerika Serikat - Inovio, Moderna, dan Pfizer - telah memulai uji klinis, dipandang sebagai tahap pertama pengembangan vaksin.

Di Inggris, para peneliti di Universitas Oxford yang didukung oleh pemerintah mengatakan mereka bertujuan untuk memproduksi vaksin pada musim gugur.

Sementara beberapa mungkin menemukan harapan dalam kenyataan bahwa vaksin telah mencapai tahap uji coba, yang berarti mereka sedang diuji pada manusia untuk melihat apakah mereka bekerja, pejabat senior WHO Dale Fisher memperingatkan bahwa vaksin tidak mungkin tersedia sampai akhir 2021.

"Saya pikir akhir tahun depan adalah ekspektasi yang sangat masuk akal," kata Fisher, yang merupakan ketua Jaringan Peringatan dan Respons Wabah Global WHO, dikutip Sabtu 9 Mei 2020.

Perhitungan ini karena vaksin yang saat ini sedang dalam uji klinis berada dalam Fase 1 dari proses pengembangan. Adapun, vaksin harus melalui Fase 2 dan 3 uji coba untuk memastikan mereka aman dan dapat diandalkan.

Bahkan walaupun vaksin ditemukan cocok, maka vaksin tersebut perlu diproduksi secara massal dan didistribusikan secara massal. Pendistribusian menjadi suatu proses yang memakan waktu sangat panjang.

Berita Terbaru