Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Warofen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aktivitas Investasi Terdampak Pandemi Covid-19

  • Oleh Testi Priscilla
  • 11 Mei 2020 - 14:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi, Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Yudo Herlambang mengatakan bahwa aktivitas investasi di tengah pandemi Covid-19 ini turut terdampak.

"Aktivitas investasi baik yang dilakukan oleh Pemerintah maupun Swasta juga terdampak, seiring dengan penundaan proyek dan realokasi anggaran dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19," kata Yudo kepada Borneonews pada Senin, 11 Mei 2020.

Hal ini juga seiring dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di Kota Palangka Raya, Ibukota Provinsi Kalimantan tengah yang dimulai hari ini.

"Dibutuhkan koordinasi, sinergi, dan partisipasi aktif langsung dari masyarakat Kalimantan Tengah dalam meredam perlambatan ekonomi yang tengah terjadi akibat pandemi Covid-19 ini," tutur Yudo lagi.

Perlambatan ekonomi ini menurut Yudo terlihat dari pertumbuhan ekonomi Kalteng pada triwulan 4 tahun 2019 lalu yang mencapai 6,02 persen namun turun drastis saat wabah Covid-19 terjadi di Kalteng mulai awal tahun 2020.

"Sebelum wabah atau triwulan IV tahun 2019 kemarin pertumbuhan ekonomi Kalteng ada di angka 6,02%, kemudian saat wabah atau triwulan I tahun 2020 ini pertumbuhan ekonomi hanya 2,97%. Artinya terjadi perlambatan yang cukup signifikan," jelas Yudo lagi. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru