Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bima Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspadai Gangguan Kesehatan di Bulan Ramadan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 11 Mei 2020 - 15:15 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Masyarakat diminta untuk mewaspadai gangguan kesehatan yang biasa timbul di bulan Ramadan, lantaran perubahan pola makan, sehingga sering kali tubuh rentan terhadap penyakit.

Menurut dr Ginsha Audia, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehataan saat ramadan. Kesalahan pemilihan makanan saat sahur dan berbuka puasa,  menjadi  salah satu faktor penyebab munculnya gangguan kesehatan.

“Biasanya ada beberapa gangguan kesehatan seperti nyeri perut akibat asam lambung naik, diare, sembelit hingga dehidrasi, yang sering kali dialami dan dapat terjadi saat ramadhan,” katanya, Senin 11 Mei 2020.

Menurut  dokter yang bertugas di RSUD Kuala Pembuang ini, ada beberapa tips agar kita terhindar dari gangguan kesehatan selama ramadhan. Salah satunya, usahakan agar tidak melewatkan makan sahur.

Kemudian, pada saat sahur dan berbuka puasa, hindari memakan makanan yang pedas, asin dan terlalu manis. Sebaiknya makan-makanan yang lebih banyak mengandung serat seperti sayur dan buah agar tidak mengalami sembelit.

“Usahakan untuk  memperbanyak minum air putih saat berbuka hingga  waktu sahur, agar terhindar dari dehidrasi, minumlah air putih minimal 8 gelas,” jelasnya.

Selain itu, saat tiba waktu berbuka puasa,  diminta untuk menyantap hidangan berbuka secara perlahan dan sedikit demi sedikit agar perut tidak “kaget” setelah seharian kosong.

Dan penting untuk menjadi perhatian, agar berhati-hati saat membeli makanan dan minuman dari luar untuk berbuka puasa. Pastikan makanan dalam wadah yang tertutup dan bersih. Agar  kita terhindar dari  penyakit diare. (FAHRUL/B-5)

Berita Terbaru