Ketua DPRD Pulang Pisau Ingatkan Antisipasi Peningkatan Covid-19

  • Oleh James Donny
  • 11 Mei 2020 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Ketua DPRD Kabupaten Pulang Pisau Ahmad Rifa‘i mengingatkan pemerintah daerah setempat untuk mengantisipasi peningkatan penyebaran Covid-19. Itu disarankan karena wilayah Pulang Pisau menjadi salah satu tempat persinggahan jalur transportasi yang tentu saja rawan dengan penyebaran tersebut. 

Menurutnya, pengawasan keluar masuk warga dari luar melalui pos lapangan yang ada di Desa Gohong dan Desa Mintain perlu ditingkatkan. "Pemantauan juga harus dilakukan kepada warga dari luar yang datang atau masuk ke wilayah kecamatan dan desa sebagai langkah antisipasi penyebaran, tidak hanya dilakukan di lingkungan perkotaan saja," katanya. 

Dia mengatakan, keluar masuk warga tersebut yang memicu menyebarnya Covid-19 dari daerah Iain, apalagi dari daerah yang telah ditetapkan menjadi zona merah.

Dia berharap, aktivitas warga yang datang dari luar daerah diperketat. Kemudian diberikan imbauan untuk melakukan isolasi secara mandiri dengan tidak berbaur atau beraktivitas dengan masyarakat Iainnya hingga batas waktu 14 hari.

Menurutnya, kejujuran warga tidak kalah penting untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran atau transmisi lokal Covid-19. "Kita harapkan warga yang baru datang dari wilayah zona merah untuk melaporkan diri ke Posko Covid-19 untuk dilakukan pemeriksaan oleh petugas kesehatan," ungkapnya.

Dia mengimbau masyarakat selalu menaati anjuran pemerintah untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, physical distancing dan selalu memakai masker. Sehingga, mata rantai covid-19 bisa diputus dan pandemi covid segera berakhir. 

Selanjutnya, kepada kepala desa juga diharapkan bisa memonitor dan mendata warganya keluar masuk daerah. Lalu melaporkan kepada tim gugus tugas covid untuk diambil Iangkah-langkah sesuai protokol kesehatan yang berlaku. (JAMES DONNY/B-7)

Berita Terbaru