Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepahiang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wartawan Diharapkan Berikan Edukasi Tentang Covid-19 Melalui Pemberitaan

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 12 Mei 2020 - 08:21 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Wartawan di Kabupaten Pulang Pisau diharapkan memberikan edukasi tentang Covid-19 kepada masyarakat melalui pemberitaan.

Karena wartawan dinilai sebagai salah satu pihak yang memiliki peran strategis dalam membantu memutus rantai penyebaran Covid-19.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, Salahudin mengatakan tidak sedikit masyarakat yang belum paham tentang bahayanya virus corona. Bahkan terkadang cenderung seolah-olah disepelekan.

"Sehingga anjuran pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona tidak diindahkan," kataya Selasa, 12 Mei 2020.

Dia menambahkan banyak juga masyarakat yang tidak memahami istilah dalam penyebutan covid-19. Baik itu rapid tes, ODR, ODP, OTG, PDP bahkan sampai positif.

"Seperti yang terjadi baru-baru ini. Terjadi sedikit keributan di masyarakat karena ada salah satu warganya yang reaktif hasil rapid tes. Warga mengira positif hasil rapid tes adalah positif corona, sehingga ini menjadi ramai di lingkungan warga yang reaktif ini," ujarnya.

Salahudin mengungkapkan dalam kondisi seperti itu peran wartawan tentu sangat dibutuhkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat melalui pemberitaan supaya masyarakat bisa memahami dan mengerti apa itu virus corona, semua istilah yang digunakan dan yang paling penting partisipasi masyarakat dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Saya berharap teman-teman wartawan bisa ikut masif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat melalui pemberitaan supaya covid-19 ini bisa cepat berlalu dan aktivitas kita bisa normal seperti sebelumnya," tandasnya. (M.BADARUDIN/B-6)

Berita Terbaru