Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dampak Corona, Produksi Ikan Melimbah Daya Beli Masyarakat Menurun

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 12 Mei 2020 - 17:35 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pamdemi Covid-19 atau virus corona sangat berdampak pada sendi perekonomian. Khusus di Kotawaringin Baratari dari segi perikanan, jumlah produksi ikan meningkat namun daya beli masyarakat yang menurun.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kotawaringin Barat (Kobar), Rusliansyah mengatakan, disisi hasil tangkapan nelayan cukup melimpah, hanya saja yang jadi permasahalah pokok adalah daya beli masyarakat berkurang.

“Pengaruh covid -19 ini sangat besar, secara jumlah produksi kita meningkat namun permintaan di pasar lokal menurun, karena daya beli masyarakat berkurang," ujarnya, Selasa, 12 Mei 2020.

Permasalahan para nelayan dan budidaya saat ini sama, serapan yang menurun. Sementara pembudidaya saat ini stagnan. Hanya melayani pesanan saja mengingat harga pakan tetap.

Kemudian berkaitan dengan pengolahan ikan, seperti kerupuk amplang dan lain lainnya, juga saat ini hanya menunggu pemesa. Tidak lagi setiap hari produksi. Sehingga ini sangar mempengaruhi serapan hasil tangkapan ikan.


"Pada awalnya bisa kirim ke toko - toko dan supermarket sekarang anjlok, ini lah dampak yang sangat terasa di sektor perikanan, ia berharap semoga pandemi Covid-19 ini segera berlalu dan normal kembali," tandasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru