Selain Tangani Covid-19 Pemkab Pulang Pisau Antisipasi Bencana Alam

  • Oleh James Donny
  • 12 Mei 2020 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Selain menghadapi penanganan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau siap melakukan antisipasi terhadap bencana tahunan yakni banjir dan kebakaran hutan dan lahan. 

Pada saat ini Pemkab Pulang Pisau fokus lakukan antisipasi terhadap bencana banjir yang terjadi di sejumlah kecamatan dan desa di wilayah Pulang Pisau. 

Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo mengatakan, tingginya debit air DAS Kahayan di wilayah hulu berdampak terjadinya banjir di wilayah Kabupaten Pulang Pisau yang berada di wilayah hilir DAS Kahayan. 

Melalui BPBD dan Dinas Sosial, kata Edy, Pemkab Pulang Pisau telah melakukan monitoring terhadap perkembangan tersebut. "Bila diperlukan untuk tanggap darurat maka langkah itu bisa segera kita laksanakan,” katanya. 

Edy mengaku Pemkab Pulang Pisau sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi menghadapi dampak bencana yang kemungkinan terjadi.

"Mulai dari anggaran bencana itu kita siapkan untuk mengantisipasi  banjir tahunan di Kabupaten Pulang Pisau," katanya. 

Edy mengatakan, tidak hanya penanganan Covid-19 dan bencana banjir, demikian juga pada bulan Juli 2020, dihadapkan untuk antisipasi masalah karhutla karena sudah mulai masuk musim kemarau.

Penanganan bencana alam banjir dan karhutla terang Bupati itu di luar dari Gugus Tugas Covid-19.

"Langkah-langkah penanganan bencana ini melalui kelembagaan, baik BPBD maupun di Dinas Sosial," jelasnya. (JAMES DONNY/m) 

Berita Terbaru