Aplikasi Real & Quick Count & Arsip Form C1 Digital

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bank Indonesia Kalteng Siapkan Rp3 Triliun Uang Kartal Jelang Lebaran

  • Oleh Testi Priscilla
  • 12 Mei 2020 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bank Indonesia Kalimantan Tengah menyiapkan uang kartal Rp3 triliun untuk keperluan masyarakat pada Ramadan 1441 Hijriah ini.

"Besaran uang rupiah yang dipersiapkan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah dari Puasa Ramadan hingga Lebaran nanti sebesar kurang lebih Rp3 Triliun," kata Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi, Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Yudo Herlambang kepada Borneonews pada Selasa, 12 Mei 2020 sore.

Menurut Yudo, uang kartal ini juga termasuk untuk antisipasi terhadap kebijakan dan stimulus pemerintah, terutama saat pandemi Covid-19 seperti saat ini.

"Jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan dengan penyediaan tahun lalu. Kalau tahun lalu kan kita siapkan Rp3,4 Triliun," jelas Yudo.

Ketersediaan uang rupiah yang dilakukan Bank Indonesia ini, menurut Yudo, selain berdasarkan indikator ekonomi yang ada, proyeksi atau permintaan perbankan juga menjadi pertimbangan mengapa jumlahnya lebih rendah dibandingkan tahun lalu.

"Kita juga mempertimbangkan kebijakan pemerintah terkait dengan pembayaran THR untuk eselon III ke atas, termasuk dengan mempertimbangkan realisasi atas penyediaan tahun lalu maka yang dianggarkan adalah Rp3 Triliun tersebut," terangnya. (TESTI PRISCILLA/m)

Berita Terbaru