Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jembatan Tumbang Samba akan Segera Dioperasionalkan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 Mei 2020 - 13:16 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Jembatan Tumbang Samba di Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan diinformasikan bakal segera dioperasionalkan penggunaannya.

Bahkan pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI Banjarmasin telah membalas surat Bupati Katingan Nomor 620/394/DPUPRHUB-BM/IV/2020 tanggal 24 April 2020 perihal permohonan pembukaan akses Jembatan Tumbang Samba.

Surat balasan pihak Kementerian PUPR itu tertanggal 6 Mei 2020 itu bernomor BM 05 03 -Bb11/226, itu menyampaikan lima poin atas surat bupati sebelumnya, seperti yang diterima borneonews.co.id, Rabu, 13 Mei 2020. Ke 5 poin itu, yakni pelaksanaan konstruksi fisik Jembatan Tumbang Samba telah diselesaikan tanggal 29 Maret 2020.

Jembatan Tumbang Samba merupakan jembatan khusus yang mana untuk izin pembukaan operasional untuk umum diperlukan sertfikat laik fungsi jembatan yang dikeluarkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan telah dilakukan pemenuhan hasil uji laik fungsi jalan.

Untuk uji laik fungsi jembatan, saat ini telah selesai proses pembahasanya dengan tim komisi keamanan jembatan dan terowongan jalan. Uji laik fungsi jalan di Jembatan Tumbang Samba telah dilaksanakan 4 Mei 2020.

Segera setelah hasil butir poin 3 dan 4 terpenuhi dengan diterbtkannya sertifikat laik fungsi jembatan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, maka pembukaan operasional jembatan untuk umum dapat dilakukan (direncanakan pertengahan atau akhir bulan Mei 2020).

Jembatan Tumbang Samba di Katingan Tengah ini dibangun dengan menggunakan dana APBN pusat sejak 3 tahun lalu oleh PT WiKA.

"Kalau informasi dari Balai Kementerian PU masih menunggu sertifikat laik fungsi jembatan dari Menteri PUPR berdasarkan hasil uji layak jembatan dan layak jalan yang sudah dilakukan oleh tim terpadu," ujar Camat Katingan Tengah, Yobi Sandra saat ditanya terkait pengoperasian Jembatan Tumbang Samba. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru