Ini Persyaratan Beasiswa Prestasi dan Beasiswa Kurang Mampu Disediakan Pemkab Gunung Mas

  • Oleh Hendra
  • 13 Mei 2020 - 14:25 WIB

BORNEONEWS,  Kuala Kurun - Pemkab Gunung Mas melalui Dinas Pendidik, Kepemudaan dan Olahraga atau Disdikpora Gunung Mas resmi mengeluarkan beberapa persyaratan bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan bantuan beasiswa dari pemerintah setempat dengan dua jalur. 

"Beasiswa yang sudah disiapkan Pemkab Gunung Mas memalui dua jalur itu yakni untuk mahasiswa berprestasi dan untuk mahasiswa dari keluarga kurang mampu," kata Plt Kepala Disdikpora Gunung Mas, Singong, Rabu, 13 Mei 2020.

Ia mengatakan karena jumlah kota terbatas dan jumlah animo masyarakat yang ingin mendapat beasiswa dari pemerintah daerah tersebut cukup tinggi,  maka harus ada berapa persyaratan dan formulir yang diisi, kemudian melalui proses seleksi. 

Adapun persyaratan umum untuk beasiswa berprestasi,  yakni pemohon harus putra daerah Gunung Mas dengan maksimal usia 25 tahun,  belum menikah dan sedang aktif kuliah pada perguruan tinggi negeri atau swasta di dalam maupun luar Kalimatan Tengah. 

Bagi pemohon jenjang S1 dan D IV bisa mengajukan permohonan paling rendah pada semester II dan paling tinggi semester IX, kemudian D III paling rendah pada semester II dan paling tinggi pada semester V dan harus mencapai nilai Indeks Prestasi Kumulatif minimal 3,00.

Sedangkan persyaratan umum untuk beasiswa dari keluarga kurang mampu,  lanjutnya hampir sama dengan persyaratan beasiswa berprestasi, hanya saja status pekerjaan orang tua pemohon, tidak dalam pegawai negri sipil atau PNS,  TNI maupun Polri. Dan harus mendapat nilai Indeks Prestasi Kumulatif minimal 2,75.

"Untuk mendapatkan beasiswa tersebut, juga ada beberapa persyaratan khusus lagi yang perlu dilengkapi. Secara lengkapnya, masyarakat bisa langsung datang kekantor Disdikpora Gunung Mas," imbuhnya. 

Ia menambahkan, bila persyaratan dan formulir sudah dilengkapi, selanjutnya dijilid rapi sebanyak 3 rangkap menggunakan sampul dan map sesuai warna dengan jenjang pendidikan dan jalur beasiswa yang dipilih. 

Kemudian proposal permohonan, disampaikan atau diterima di Bidang Pembinaan SD dan SMP Disdikpora Gunung Mas paling lambat Juni 2020, setiap Senin sampai Jumat sesuai dengan jam kerja. 

Bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa tersebut,  saya minta kepada pemohon agar lebih teliti dalam melengkapi persyaratan, sebab apabila persyaratan tidak lengkap dengan yang  ditetapkan, maka proposal dinyatakan tidak layak diproses dan tidak akan ada perbaikan susulan," pungkasnya. (HENDRA/B-5) 

Berita Terbaru