Mayoritas Pasien Positif Covid-19 di Kobar Orang Tanpa Gejala

  • Oleh Wahyu Krida
  • 13 Mei 2020 - 16:25 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berdasarkan penemuan dan pemeriksaan sampel swab dari mayoritas pasien positif covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) adalah Orang Tanpa Gejala (OTG).

Jubir Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kobar Achmad Rois, Rabu, 13 Mei 2020 menjelaskan bahwa dari 33 kasus positif covid-19 di Kobar, diketahui dua pertiganya adalah OTG.

"Jumlahnya sekitar 67% dari 33 total kasus. OTG ini ditemukan secara aktif oleh Puskesmas dan disertai partisipasi masyarakat serta keluarga," jelas Achmad Rois.

Achmad Rois menjelaskan, hal ini merupakan upaya pencegahan, penemuan dan penanganan terkait covid-19 yang dilakukan di Kabupaten Kobar.

"Penemuan tersebut didapatkan melalui pengamatan atau surveilans migrasi di pintu masuk wilayah, untuk mengetahui keberadaan ODP, PDP dan OTG, serta tracking atau pencarian terhadap orang kontak erat pasien positif covid-19," jelas Achmad Rois.

Setelah ditemukan, menurut Achmad Rois, dilanjutkan dengan pengambila  sampel swab dari orang yang bersangkutan.

"Swab tersebut kemudian dikirimkan ke laboratorium  BBLK Surabaya atau BBTKL-PP Banjarbaru untuk mengetahui apakah yang bersangkutan positif covid-19 atau tidak," jelas Achmad Rois. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru