Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Cilegon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Sosial Barito Timur: KPM Belum Ambil BST, Bisa Langsung Ke Kantor Pos

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Mei 2020 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Sosial Kabupaten Barito Timur Rusdiannor menegaskan, Keluarga Penerima Manfaat atau KPM Bantuan Sosial Tunai (BST) Covid-19 yang berhalangan mengambil BST saat penyaluran di setiap kecamatan dapat mengambil langsung ke Kantor Pos yang telah ditentukan.

"Itu hak mereka, jadi kapanpun mereka bisa mengambilnya," ungkap Rusdiannor, di Tamiang Layang, Jumat 15 Mei 2020.

Menurutnya, jika tidak diambil dalam bulan ini maka dapat juga digabungkan pada penerimaan bulan berikutnya.

"Nanti bisa diambil di Kantor Pos dengan membawa KTP dan KK Asli serta didampingi oleh aparat desa guna pencocokan data oleh Dinsos dan Pemdes terkait keterangan tidak hadirnya yang bersangkutan pada saat penyaluran tahap pertama di kecamatan," imbuh Rudiannor.

Terkait adanya kesalahan data KPM BST, Dia menjelaskan, masalah ini terjadi dalam penyaluran BST karena data yang digunakan oleh Kementerian Sosial adalah data lama dari tahun-tahun sebelumnya.


Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Barito Timur Santai Nyawit, menambahkan, Data Terpadu Keluarga Sejahtera atau DTKS tahun 2020, tidak jadi digunakan karena sejak wabah Covid-19 merebak semua proses verifikasi dan validasi data dihentikan oleh Kementerian Sosial,"

"KPM penerima BST Kementerian Sosial terbagi dua, yakni dari DTKS dan Non DTKS. KPM yang diambil langsung oleh Kemensos berasal dari DTKS, jadi kemungkinan Perangkat Desa Lalap tersebut sebelum menjadi perangkat desa sudah terdaftar terlebih dahulu di DTKS. Kalau KPM yang Non DTKS itu berdasarkan usulan dari Desa atau kelurahan melalui Pemerintah Daerah Barito Timur," ungkap Santai

"Dan saat ini Dinas Sosial sedang dalam proses perbaikan data BST bagi KPM yang tidak sesuai kriteria baik DTKS maupun Non DTKS," lanjutnya. (BOLE MALO) 

Berita Terbaru