Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Perlu Keluwesan untuk Relokasi Anggaran Berkaitan Penanganan Covid-19

  • Oleh Testi Priscilla
  • 16 Mei 2020 - 10:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Umum Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia atau ADEKSI, Sigit Karyawan Yunianto mengatakan bahwa salah satu rekomendasi yang disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri ialah agar adanya keluwesan bagi DPRD untuk relokasi anggaran yang berkaitan dengan penanganan Covid-19.

"Dalam rangka mengoptimalkan peran DPRD mendukung penanganan Covid-19, diperlukan adanya keluwesan yang memungkinkan DPRD melalui sekretariat DPRD dapat merealokasikan anggaran DPRD," kata Sigit kepada Borneonews pada Sabtu, 16 Mei 2020.

Relokasi anggaran ini menurut Sigit adalah untuk program atau kegiatan yang berkaitan dengan penanganan Covid-19.

"Termasuk biaya operasionalnya yang merupakan satu kesatuan dengan refocusing dan realokasi anggaran pada APBD," tuturnya.

Menurut Ketua DPRD Kota Palangka Raya ini, ADEKSI mengeluarkan surat rekomendasi tersebut setelah pada Kamis, 14 Mei 2020 telah dilaksanakan diskusi yang diikuti oleh pimpinan DPRD Kota se-Indonesia pada Rapat Kerja Online I ADEKSI.

"Narasumber pada rapat kerja ADEKSI tersebut yakni Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Akmal Malik serta Wakil Direktur Pusat Studi Otonomi Daerah, Halilul Khairi. Temanya ialah Berdamai Dengan Covid-19, Bagaimana DPRD Tetap Bekerja di Era Pandemi ini. Lalu keluarlah rekomendasi tersebut sebagai hasilnya," terang Sigit. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru