Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarbaru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Bagikan 750 Paket Olahan Ikan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 16 Mei 2020 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemkab Kobar melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kobar membagikan 750 paket olahan ikan untuk pelaku usaha perikanan dan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kotawaringin Barat (Kobar), Rusliansyah Kasi Pengolahan dan Pemasaran Produk Hasil Perikanan Manis Suharjo menyampaikan, bantuan dari kementerian kelautan dan perikanan (KKP), telah didistribusikan ke beberapa kecamatan di Kobar.

"Pada Kamis, 14 Mei 2020, penyerahan bantuan secaat simbolis oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah ke 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Kotawaringin Lama sebanyak 80 paket dan Pangkalan Lada 75 paket," ujarnya, Sabtu, 16 Mei 2020.

Disampaikannya, bantuan paket olahan ikan ini diberikan ke 4 Kecamatan di Kobar, 2 Kecamatan sudah didistribusikan, selanjutnya untukKecamatan Kumai 280 paket dan Kecamatan Arut Selatan 315 paket.

"Bantuan yang kita dapat itu 750 paket dengan jumlah 1.575 kg terdiri dari, ikan nila, ikan lele, ikan kering asin, ikan layang dan kerupuk parang - parang dengan harga pembelian 20.000 sampai dengan 70.000 rupiah per kg nya," ungkapnya.


Bantuan ini didistribusikan melalui Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Palangka Raya, yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia.

Khusus untuk tahun ini di fokuskan kepada bantuan masyarakat perikanan yang terdampak pandemi covid19 meliputi pembudidaya, penampung, supplier, pengolah dan pemasar hasil perikanan serta buruh atau karyawan UPI yang di rumahkan atau di PHK.

Bulan Bakti menjadi salah satu aksi KKP, khususnya BKIPM, untuk turut berperan aktif melawan pandemi melalui penyediaan protein ikan yang cukup. Kegiatan pembagian ikan sehat dan bermutu pada tahun ini juga, bisa terlaksana dari anggaran refokusing dari pemotongan perjalanan dinas dan kegiatan rapat-rapat.

Untuk Provinsi Kalimantan Tengah, kegiatan ini di fokuskan pada 3 Kabupaten Kota yaitu Kabupaten Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur dan Palangka Raya dengan jumlah sebanyak 2100 paket masing-masing 2-3 kg ikan segar/kering atau produk perikanan. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru