Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kapuas Mulai Antisipasi Karhutla Jelang Musim Kemarau

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 Mei 2020 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemkab Kapuas melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mulai mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menjelang musim kemarau tahun ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan Bupati Kapuas telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada seluruh camat se-kabupaten, perihal antisipasi adanya karhutla di daerah setempat.

"Surat itu mengacu berdasarkan informasi prakiraan cuaca BMKG di wilayah Kalteng bahwa mulai bulan Mei 2020 merupakan awal musim kemarau, dan akan mencapai puncaknya pada bulan Agustus 2020," ucap Panahatan Sinaga, Sabtu, 16 Mei 2020.

"Dan menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi Nasional di Istana Negara belum lama ini, yang mana pak Presiden membahas tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan," tambahnya.

Untuk itulah, lanjut Sinaga pihaknya meminta agar para camat mengkoordinasikan serta melakukan langkah intensif upaya pencegahan dini Karhutla melalui kegiatan sosialisasi maupun imbauan kepada masyarakat.


"Terutama bagi pemilik lahan agar dapat membersihkan dan memanfaatkan lahan-lahan terlantar untuk usaha-usaha yang produktif, serta tidak membakar lahan secara sembarangan pada musim kemarau," katanya.

Kemudian, agar kiranya membentuk, dan mengaktifkan Satgas penanganan karhutla dari tingkat Kecamatan sampai ke desa Kelurahan, dengan melibatkan unsur-unsur Tripika, Babinsa / Babinkamtibmas, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan relawan, serta selalu berkoordinasi degan Satgas tingkat Kabupaten atau melalui BPBD Kapuas.

"Pada poin 6 isi surat itu, mengingat Kabupaten Kapuas saat ini masih berkonsentrasi dalam penanganan wabah covid-19, maka Satgas Karhutla yang akan dibentuk diintegrasikan dengan gugus tugas covid-19 yang sudah ada ditingkat kecamatan dan desa," jelasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru