Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Triwulan II 2020 Diprediksi Rendah, Ini Penyebabnya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Mei 2020 - 08:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bank Indonesia Kalimantan Tengah memprediksi ekonomi Kalteng pada triwulan II 2020 akan tumbuh pada kisaran kurang lebih 0,1-0,5 persen saja. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalteng, Rihando menyampaikan penyebabnya.

"Menurunnya aktivitas masyarakat di luar rumah, terutama pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB akan berdampak signifikan terhadap lapangan usaha perdagangan, akomodasi, dan transportasi," kata Rihando, Minggu, 17 Mei 2020.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Kalteng para triwulan I 2020 pun hanya 2,95 persen, lebih rendah dibandingkan capaian triwulan IV 2019 yang tumbuh 6,02 persen, maupun kinerja pertumbuhan nasional pada triwulan I 2020 yang tumbuh 2,97 persen.

"Konsumsi domestik juga diprakirakan akan melambat seiring dengan menurunnya pendapatan masyarakat, dan kebijakan pelaku usaha menerapkan PHK dan unpaid leave atau dirumahkan tanpa gaji terhadap tenaga kerjanya," jelasnya.

Terlebih, pandemi Covid-19 ini diperkirakan masih terus berjalan. Pasalnya, hasil sejumlah riset dan studi yang menunjukkan bahwa pandemi baru akan berakhir pada triwulan III 2020, sehingga itu menjadi penyebab utama rendahnya perkiraan pertumbuhan ekonomi Kalteng.

"Pandemi Covid-19 yang telah menyebar di 13 kabupaten kota di seluruh Kalteng ini memang menghambat pertumbuhan ekonomi. Serta menghambat akselerasi perekonomian Kalteng pada triwulan I tahun 2020, terlebih di triwulan II ini nanti," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru