Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kendal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tagana Kapuas Berperan Maksimal di Tengah Pandemi Covid-19

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 17 Mei 2020 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas terus memantapkan peran dari Taruna Siaga Bencana atau Tagana di tengah pandemi corona virus disease atau covid-19 ini. Sejak ditemukannya kasus covid-19, relawan Tagana berperan maksimal dalam upaya penanggulangan wabah virus corona.

Puluhan relawan sosial Tagana di bawah Dinas Sosial Kabupaten Kapuas mereka berperan aktif membantu pemerintah daerah dan masyarakat. Mereka tak kenal lelah mengorbankan waktu dan tenaga.

Peran itu mulai dari mengelola dapur umum, turut membantu persiapan pemakaman jenazah Covid-19, hingga memberikan edukasi kepada warga tentang pencegahan penyebaran virus corona.

"Di bawah Dinas Sosial. relawan Tagana mengelola dapur umum untuk para petugas posko dan petugas keamanan rumah karantina," kata Koordinator Tagana Kapuas, Rahmadi, Minggu, 17 Mei 2020.

Kemudian, para relawan  di Posko Induk Jalan Maluku Kuala Kapuas ini juga membantu dalam mempersiapkan peti jenazah jika ada pasien covid-19 yang meninggal dunia. Kendati demikian, teknis pemakaman diserahkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Sementaea itu, Kepala Dinas Sosial Kapuas Budi Kurniawan mengatakan peran fungsi Tagana pada masyarakat perlu dilakukan. Agar masyarakat dapat memahami tugas dan fungsi Tagana.

Ia menuturkan Tagana merupakan relawan sosial yang dilatih, dan difasilitasi dalam penanggulangan bencana, termasuk dalam bencana non alam.

"Perean mereka saat ini sangat diperlukan dalam penanganan covid-19 Kapuas," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru