Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Timur Diversifikasi Tanaman Pangan di Kecamatan Awang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 17 Mei 2020 - 19:51 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur pada musim tanam april-september atau asep tahun ini akan melakukan diversifikasi atau penganekaragaman tanaman pangan di wilayah Kecamatan Awang.

"Selama ini beberapa desa di Kecamatan Awang seperti Desa Pianggu, Apar Batu dan Janah Mansiwui hanya mengenal tanaman pangan padi ladang dan padi sawah," ungkap Kepala Dinas Pertanian Barito Timur Riza Rahmadi saat memberikan bantuan benih jagung kepada anggota kelompok tani di Desa Pianggu, Minggu 17 Mei 2020.

Karena itu pada musim tanam asep ini dinas pertanian mengikutkan desa tersebut dalam pengembangan budidaya tanaman jagung pakan ternak.

"Walau tidak begitu besar, kita harapkan di musim tanam asep ini yang biasanya lahan tidak dimanfaatkan, bisa digunakan untuk menanam jagung," imbuhnya.

Dia berharap dalam tiga bulan ke depan petani di desa tersebut sudah bisa panen jagung sebelum memasuki musim tanam berikut.

"Nanti benih jagungnya Dinas Pertanian yang akan menyediakan," janji Riza. Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Kecamatan Awang, Galura memastikan penyuluh pertanian di BPP Awang siap mendampingi petani untuk pengembangan budidaya jagung pakan ternak.

"Rencana luas tanam jagung di kecamatan Awang pada musim tanam asep ini seluas 75 hektare. Di Desa Pianggu sendiri seluas 5 hektare yang terbagi dalam tiga kelompok tani," ujarnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru