Patroli Satpol PP Kapuas Jaring Anak Jalanan dan Tunawisma

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 18 Mei 2020 - 17:35 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Patroli yang dilakukan Satpol PP Kapuas dalam razia rutin mendapati anak jalanan dan tunawisma atau pengemis di ruas Jalan Kota Kuala Kapuas.

Petugas langsung memgamankan anak jalanan dan sejumlah tunawisma ke Kantor SatPol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas, untuk dilakukan pendataan dan pembinaan lebih lanjut.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas Syahripin mengatakan keberadaan anak jalanan, dan pengemis ini dinilai menganggu estetika, dan juga dapat pada ketentraman masyarakat.

"Dan juga mereka yang kami jaring bukan warga Kapuas, namun berasal dari luar daerah Kapuas," ucap Syahripin, Senin, 18 Mei 2020.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, setelah didata dan dilakukan pembinaan terhadap anak jalanan dan pengemis ini, pihaknya kemudian akan mengantarkan pulang ke daerah asalnya.


"Kepada mereka yang terjaring diminta agar tidak kembali lagi mengemis dan menggelandang di wilayah Kapuas serta apabila mereka terjaring kembali, maka kami akan lakukan tindakan refresif,” jelasnya.

Selain itu, sebelum dilakukan pengembalian ke wilayah asalnya, pihaknya juga terlebih dahulu diberikan sosialisasi untuk mengunakan masker sebagai upaya untuk mencegah penyebaran wabah covid-19.

"Agar dapat bersama-sama mencegah penyebaran dan memutus mata rantai virus corona, karena dalam mewujudkan ini semua perlu kerjasama semua pihak," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru