Ketua Komisi I DPRD Barito Timur Minta Tetap Waspadai Penyebaran Covid-19

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 18 Mei 2020 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Ketua Komisi I DPRD Barito Timur Zain Alkim meminta Gugus Tugas Covid-19 maupun masyarakat Barito Timur tetap mewaspadai penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Diketahui pasien positif Covid-19 Barito Timur yang berjumlah 9 orang dan dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, sekarang tinggal 3 orang karena 5 orang dinyatakan sembuh dan 1 orang meninggal dunia.

"Meski ini perkembangan yang bagus namun kita perlu tetap waspada terutama kepada warga yang merupakan carrier Covid-19 dari cluster Gowa," kata Zain Alkim di Tamiang Layang, Senin 18 Mei 2020.

Menurutnya, Gugus Tugas harus aktif melakukan jemput bola dengan melakukan rapid test kepada keluarga-keluarga terdekat alumni cluster Gowa untuk mengantisipasi terjadinya ledakan pasien positif Covid-19 di kemudian hari.

"Dana-dana kita yang sudah disiapkan dan disetujui harus segera dimanfaatkan, kita perlu action bukan hanya ngomong-ngomong saja," imbuh Zain.


Lanjutnya, ini merupakan tragedi kemanusiaan yang perlu diantisipasi dengan benar karena menyangkut nyawa manusia yang tidak dapat ditangani dengan cara spekulasi.

Karena itu selain pencegahan penyebaran dengan melakukan rapid test, Dia juga meminta agar pemerintah daerah sungguh-sungguh memperhatikan dampak sosial yang ditimbulkan wabah virus tersebut.

"Mereka yang di zona merah juga harus diperhatikan agar tidak kemana-mana, kebutuhan mereka harus di penuhi sehingga mereka tidak keluar dan menulari yang lain," tegas Zain.

"Masyarakat Barito Timur harus tetap patuh menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah agar kita dapat sama-sama terus menekan penularan Covid-19 ini," pungkasnya. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru