Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Anambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

12 Travel Gelap Dikandangkan karena Bawa Penumpang Mudik Lebaran

  • Oleh Teras.id
  • 18 Mei 2020 - 21:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara menciduk 12 mobil elf yang beroperasi sebagai travel gelap mudik Lebaran sejak 5-18 Mei 2020. Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara Harlem Simanjuntak mengatakan ditemukan puluhan orang di dalam 12 mobil itu yang hendak mudik ke kampung halaman.

"Dari belasan kendaraan elf tersebut, puluhan penumpang gagal mudik ke kampung halaman," kata Harlem dalam keterangan tertulisnya, Senin, 18 Mei 2020.

Petugas Dishub menurunkan penumpang di titik awal pengangkutan. Harlem tak merinci lokasi persis dan jumlah penumpang. Adapun mereka hendak pergi ke Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Selain memutar balik penumpang, Suku Dinas Perhubungan Jakut juga menyetop operasional 12 elf tersebut. Sanksi lainnya berupa mengandangkan mobil travel gelap itu di Terminal Pulo Gadung, Jakarta Timur.

"Kendaraannya kami setop operasi dan dikandangkan. Tidak boleh beroperasi hingga pandemi Covid-19 berakhir,” ujar dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar dan atau Masuk Provinsi DKI Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19. Kebijakan ini melarang warga di luar Jabodetabek keluar-masuk Ibu Kota tanpa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

Anies baru meneken Pergub 47/2020 pada 14 Mei 2020 dan diumumkan satu hari kemudian. Dalam Pasal 15 ayat 1 disebutkan penyelenggara transportasi darat antar provinsi dilarang mengangkut dan atau menyewakan kendaraan bermotor kepada penumpang yang keluar-masuk Jakarta selama pandemi Covid-19.

Apabila terbukti melanggar, maka pemerintah DKI bakal menjatuhkan sanksi berupa denda administratif Rp 10 juta atau menderek kendaraan ke tempat penyimpanan.

Belakangan, Anies Baswedan melarang warga Ibu Kota mudik lokal ke Bodetabek. Mau ada SKM atau tidak, warga Jakarta dilarang keluar-masuk Bodetabek untuk mudik Lebaran. Ini juga demi mencegah penularan virus corona meluas. (TERAS.ID)

Berita Terbaru