Bupati Hadiri Video Conference Dengan Wakil Menteri Lingkungan Hidup Bahas Kaji Cepat KLHS

  • Oleh James Donny
  • 18 Mei 2020 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo menghadiri video conference dengan Wakil Menteri Lingkungan Hidup RI, Alue Dohong dalam rangka koordinasi dan konsultasi pembahasan kaji cepat KLHS atau Rapid Kajian Lingkungan Hidup Strategis pengembangan sawah di Provinsi Kalimantan Tengah, Senin 18 Mei 2020.

Dalam kegiatan video conference tersebut, Bupati Edy Pratowo didampingi Kapala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas PMPTSP,  Kepala Dinas Kominfo di Aula Mess Pemda Kabupaten Pulang Pisau.

Kegiatan tersebut juga diikuti Pemerintah Provinsi yang diwakili Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Nurul Edy, Bupati Kapuas, Bupati Barito Selatan, Bupati Sukamara serta Wakil Walikota Palangka Raya di daerah masing-masing. 

Melalui rapat tersebut wakil menteri mengatakan maksud dan tujuan dari kaji cepat KLHS yaitu untuk mewujudkan penghidupan masyarakat berbasis ketahanan pangan yang berkelanjutan di sekitar wilayah lahan gambut Kalimantan tengah. 

"Strategi perlindungan lingkungan dalam rangka menjamin keberlangsungan proses dan fungsi Lingkungan Hidup, produktivitas lingkungan hidup dan Keselamatan serta kesejahteraan masyarakat," ujar Wakil Menteri Lingkungan Hidup, Alue Dohong. 

Dalam kegiatan itu Alue mengatakan ada 5 tahapan dalam melaksanakan Kaji Cepat KLHS diantaranya menentukan Fokus wilayah KRP dan Batas Fungsional KLHS, Menentukan Kebijakan, Rencana dan Program yang berpengaruh terhadap kondisi LH. 

Kemudian memetakan dan menentukan Isu Lingkungan Hidup Prioritas, merumuskan rekomendasi dan strategi kebijakan LHK serta implementasi dan Monev strategi kebijakan LHK. (JAMES DONNY/B-7)

Berita Terbaru