Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musi Rawas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pakar Komunikasi Kritik Lagu Tidak Mudik ala Menteri Jokowi

  • Oleh Teras.id
  • 19 Mei 2020 - 09:10 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri-menteri Presiden Jokowi masih terus menyanyikan lagu imbauan kepada masyarakat agar tidak mudik.

Pakar komunikasi dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing, menilai lagu tersebut tidak terlalu efektif mengajak masyarakat tidak mudik.

“Saya melihat ada suatu kontradiksi,” kata Direktur Eksekutif Lembaga EmrusCorner ini saat dihubungi di Jakarta pada Senin malam, 18 Mei 2020.

Emrus menerangkan bahwa selama ini para menteri Jokowi kerap saling berbeda pendapat soal larangan mudik. Lalu dalam kondisi seperti itu, tiba-tiba muncul lagu dari menteri yang kompak mengimbau agar tidak mudik.

“Jadi ini tidak berpengaruh ke masyarakat."

Awalnya, lagu berjudul Ra 'Mudik Ra Popo' dinyanyikan duo pejabat kepala KSP Moeldoko dan Ketua Wantimpres Wiranto. Bahkan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan sempat akan ikut bernyanyi.

Setelah itu, muncul lagi nyanyian tidak mudik dengan formasi yang lebih lengkap dari menteri-menteri Jokowi lainnya.

Video klip lagu ini salah satunya diunggah oleh akun Twitter resmi Kementerian Ketenagakerjaan @KemnakerRI.

Menurut Emrus, imbauan berupa lagu sebenarnya sah-sah saja. Hanya saja, itu bagus jika memang berasal dari inisiatif pemerintah sendiri, bukan ajakan dari pihak lain.

Yang terjadi, dia melanjutkan, menteri-menteri yang menyanyikan lagu tersebut belum tentu menjadi role model yang diikuti oleh masyarakat.

Berita Terbaru