Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Denpasar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Kepala Desa di Katingan Konsultasi ke Inspektorat Soal Bantuan Langsung Tunai

  • Oleh Abdul Gofur
  • 19 Mei 2020 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah kepala desa atau perangkat desa di wilayah Kabupaten Katingan sejauh ini melakukan konsultasi kepada pihak Inspektorat terkait penyaluran dana bantuan langsung tunai atau BLT.

"Ia benar dalam beberapa hari ini ada sejumlah kepala desa datang ke kantor Inspektorat Kabupaten Katingan ini, mereka umumnya konsultasi dengan kita terkait penyaluran dana BLT," sebut Inspektur Kabupaten Katingan, Megar, Selasa, 19 Mei 2020.

Dia mengapresiasi adanya sejumlah perangkat desa yang melakukan konsultasi ini. Cara ini dilakukan agar penggunaan dana BLT yang bersumber dari dana desa atau DD nantinya tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

"Imbauan kita kepada kepala desa maupun perangkat desa itu agar penggunaan dana desa untuk program BLT itu sesuai dengan perturan yang berlaku," katanya.

Megar menggambarkan, misalnya warga penerima BLT itu sesuai dengan ketentuan termasuk ada 14 kriteria dari pusat harus terpenuhi. "Kita mengarahkan kepada mereka (kepala desa) penyaluran BLT sesuai petunjuk pusat," ujarnya.

Menurutnya beberapa hari belakangan ada sejumlah kepala desa maupun perangkat desa yang datang ke kantornya.

Umumnya mereka melakukan konsultasi masalah penyaluran BLT sebesar Rp 600 ribu per KK dengan penyalurannya selama tiga bulan, April, Mei dan Juni 2020. "Kemarin dan hari ini juga ada perangkat desa yang konsultasi itu," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru