Bupati Kobar: Takbir Keliling dan Open House Ditiadakan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 19 Mei 2020 - 16:05 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kobar Hj Nurhidyah, mengatakan, dalam perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah tahun ini tidak ada tabir keliling dan open house.

Ia mengatakan itu pada Selasa, 19 Mei 2020 usai rakor terkait pelaksanaan Salat Id di Kobar. Menurutnya, walaupun salat Id tetap dilaksanakan dengan persyaratan tertentu namun kegiatan takbir keliling dan open house di rumahnya ditiadakan.

"Karena pelaksanaan takbir keliling dan open house berpotensi membuat pengumpulan massa tanpa social distancing pada suatu tempat," jelas Bupati.

Menurut  Bupati, sedangkan pelaksanaan Sholat Ied saja dilakukan dengan persyaratan tertentu agar pelaksanaannya aman dan memcegah menjadi ajang penularan antar individu.

"Dari pihak MUI tadi menyampaikan pada situasi kali ini pelaksanaan sholat boleh dilakukan  dengan shaf yang renggang atau berjarak," jelas Bupati.

Hal ini, lanjut Bupati, guna melaksanakan petunjuk keamanan dan pencegahan penularan covid-19.

"Selain itu pelaksanaan sholat Ied harus dilakukan di luar ruangan. Bisa dilapangan atau halaman masjid. Jamaah sholat juga diwajibkan mengenakan masker dan tidak ada pelaksanaan salam-salaman antar individu usai sholat Ied mencegah penularan covid-19," jelas Bupat. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru