Aplikasi Quick Count Hitung Cepat Web & Android

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tradisi Potong Pantan Sambut Kedatangan Kapolres Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 20 Mei 2020 - 15:41 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Penyambutan Kapolres Kapuas yang baru AKBP Manang Soebeti dari pejabat lama AKBP Esa Estu Utama diawali dengan tradisi potong pantan di pintu gerbang mapolres, Rabu, 20 Mei 2020.

AKBP Manang Soebeti didampingi istri yang baru pertama kalinya bertugas di Bumi Tingang Menteng Panunjung Tarung diawali dengan tradisi adat Dayak yakni potong pantan dan diterima langsung oleh AKBP Esa Estu Utama.

Dalam kegiatan potong pantan ini dipandu tokoh adat, Hendri S Dinan yang mengatakan prosesi itu merupakan sebuah tradisi leluhur suku Dayak dalam menyambut pejabat baru di wilayah ini agar dalam menjalankan tugas bisa berjalan dengan baik.

"Dalam acara adat ini pejabat baru sebelum mulai bekerjanya harus memotong pantan yang sudah disiapkan ini terlebih dulu," ucap Hendri di sela potong pantan.

Sementara itu AKBP Manang Soebeti ketika diminta pemandu acara untuk mengungkapkan harapan ke depannya menginginkan terus menjaga kondisi keamanan di wilayah setempat.

"Kami akan terus mengupayakan dalam menjaga situasi yang kondusif, sehingga masyarakat merasa nyaman dan aman," katanya.

Dalam acara pisah sambut ini dirangkai dengan sederhana, namun berlangsung hikmat, terlebih saat ini sedang disituasi pandemi corona virus disease atau Covid-19, sehingga dalam penyambutan para personel yang hadir menyambut terbatas.

Selanjutnya AKBP Esa Estu Utama yang pindah tugas menjadi Wadir Polairud Polda Kalsel mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh personel Polres Kapuas yang sudah bekerjasama, dan mendukung dalam pelaksanaan tugas.

"Mohon maaf jika selama bertugas ada hal yang tidak berkenan. Terus jaga silaturahmi dan komunikasi," katanya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru