Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Haringen Barito Timur Siapkan BLT DD Selama 6 Bulan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 20 Mei 2020 - 18:35 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Desa Haringen Kecamatan Dusun Timur, menyiapkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau BLT DD untuk dibagikan selama enam bulan.

BLT DD tersebut ditujukan bagi masyarakat kurang mampu yang terdampak Covid-19 dan belum terdaftar sebagai penerima jenis bantuan sosial yang lainnya.

Kepala Desa Haringen, Yasen mengatakan, besaran alokasikan untuk BLT DD disesuaikan dengan besaran DD yang dimiliki desa setempat.

"Desa Haringen mengalokasikan 30 persen dari DD untuk BLT DD atau sekitar Rp 180 juta," ungkap Briano, Rabu 20 Mei 2020.

Sekretaris Desa Haringen Briano menambahkan, setelah melalui musyawarah desa perubahan maka ditetapkan sebanyak 67 keluarga penerima manfaat atau KPM yang akan menerima BLT DD selama enam bulan.

"Masing-masing KPM akan menerima Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan atau total sebesar Rp 1,8 juta," jelas Briano.

Kemudian, tiga bulan berikutnya masing-masing KPM akan menerima senilai Rp 300 ribu per bulan atau total Rp 900 ribu selama tiga bulan.

"Jadi nanti selama 6 bulan per KPM mendapat total Rp 2,7 juta dan sudah ditetapkan dalam Perkades," imbuh Briano.

BLT DD tersebut tidak disalurkan secara tunai melainkan melalui rekening bank yang nanti akan difasilitasi oleh pemerintah desa.

"Semoga bantuan yang akan disalurkan nantinya bisa bermanfaat, setidaknya dapat membantu mengurangi beban warga ditengah wabah pandemi covid-19 ini," pungkasnya. (BOLE MALO) 

Berita Terbaru