Ular Sanca Batik Berukuran 5 Meter Masuk Rumah Warga

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Mei 2020 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seekor ular sanca berukuran sekitar 4 hingga 5 meter, masuk ke rumah warga di Jalan Batu Pirus, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). 

Ular tersebut masuk melalui bagian atas rumah tepatnya di bawah atap. Ukurannya yang besar itu mengkhawatirkan pemilik rumah bernama Nisa. Selanjutnya, melaporkan kepada Komunitas Reptil Sampit (KRS) 

Evakuasi ular sendiri cukup sulit. Bahkan anggota komunitas meminta bantuan kepasa Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotim. 

"Sangat sulit mengevakuasinya. Bahkan hingga 30 menit, ular tersebut juga tidak dapat kami evakusasi, hingga kami minta bantuan," ujar Yogi, salah seorang anggota KRS, Rabu, 20 April 2020. 

Ular tersebut baru bisa dievakuasi setelah sekitar 1 jam pihaknya berjibaku. Hal itu terjadi karena ular sempat melakukan perlawanan. Apalagi anggota yang melakukan evakuasi berjumlah sekitar 6 orang. Sehingga membuat ular tersebut merasa terancam. 

Ular itu beratnya sekitar 20 kilogram. Saat ini, masih diamanakan oleh pihak komunitas. Rencananya, akan dilepasliarkan ke hutan yang jauh dari pemukiman masyarakat. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru