Begini Imbauan MUI Barito Timur Terkait Salat Idul Fitri 1441 H

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 21 Mei 2020 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Majelis Ulama Indonesia atau MUI Kabupaten Barito Timur mengeluarkan surat edaran berisi imbauan terkait pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 Hijriah.

Ketua MUI Barito Timur, H Mulyadi membenarkan isi surat edaran dengan Nomor 05/DP-K-MUI-06-XIX/V/2020 yang ditandatanganinya bersama Sekretaris MUI tersebut.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil Rapat Dengar Pendapat MUI dengan Ketua Bidang Pencegahan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Barito Timur dinyatakan bahwa kabupaten Barito Timur masih dalam kondisi tidak terkendali dan rawan penyebaran Covid-19.

"Juga hasil tukar pendapat dengan MUI Kecamatan, Dewan Mesjid Indonesia Kabupaten Barito Timur, Nadhlatul Ulama serta pengurus mesjid wilayah Tamiang Layang dan sekitarnya yang menghasilkan kesepakatan bahwa MUI Kabupaten Barito Timur tetap berpedoman pada imbauan MUI Nomor 03/DP.K-MUI-08-XIX/III/2020," kata H Mulyadi di Tamiang Layang, Kamis 21 Mei 2020.

Dengan dasar itu, MUI Barito Timur mengimbau agar umat Islam di daerah setempat tidak menyelenggarakan salat Idul Fitri 1441 Hijriyah di mesjid, langgar, musala atau tanah lapang secara berjamaah.

"Jadi salat Idul Fitri dikerjakan di rumah masing-masing," jelas Mulyadi

"Meski demikian ini sifatnya imbauan bukan larangan karena kewenangan melarang ada pada pemerintah," pungkasnya. (BOLE MALO/m) 

Berita Terbaru