Sebelumnya Menipu Rp 6,19 Miliar, Pengusaha Karet akan Diadili Lagi Kasus Penipuan Rp 7 Miliar

  • Oleh Naco
  • 22 Mei 2020 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Beberapa waktu lalu Albert Subianto alias Albert (34) bersama kakak kandungnya Helianto Kosim divonis bersalah atas kasus penipuan Rp 6,19 miliar.

Kini Albert akan diadili lagi, namun kali ini kasus yang menjeratnya hanya dirinya sendiri. Ia melakukan penipuan sebesar Rp 7 miliar.

Saat pelimpahan berkas tahap II di Kejaksaan Negeri Kotim terungkap korban penipuan tersangka adalah Heriyani Genial.

Di mana yang korban itu diserahkan kepada tersangka secara berturut-turut sejak 12 September 2017 lalu. Modusnya sama untuk melakukan usaha bisnis jual beli karet.

"Berkas tahap II sudah dilimpahkan kepada kami, tersangka hanya Albert Subianto," kata Kepala Kejaksaan Negeri Kotim melalui Kasi Pidana Umum, Teguh Fidiah Wahyudi, Jumat, 22 Mei 2020.

Korban memberikan pinjaman kepada tersangka setelah dijanjikan akan diberikan penghasilan sebesar 2 persen dari total pinjamannya setiap bulannya.

Penipuan itu terbongkar setelah tersangka menyerahkan Bilyet Giro (BG) kepada korban. Akan tetapi saat dicairkan ternyata kosong hingga tersangka dilaporkan.

Dalam kasus ini, narapidana yang masih mendekam di Lapas Kelas IIB Sampit ini dijerat dengan Pasal 378 KUHP dan Pasal 372  KUHP. (NACO/B-5)

Berita Terbaru