Limbah Medis dari Rumah ODP dan PDP saat Isolasi Mandiri Perlu Diawasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 22 Mei 2020 - 16:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua II Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Shopie Ariany Sitorus meminta pemerintah untuk memikirkan pengawasan dari pembuangan limbah medis dari rumah para pasein ODP dan PDP Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri.

"Sampah atau limbah medis seperti masker, sarung tangan medis, botol obat, maupun tisu dari rumah-rumah ODP dan PDP jangan dicampur dengan limbah rumah tangga yang biasa. Harusnya ini diawasi oleh pemerintah, paling tidak ada imbauan, anjuran, atau sosialisasi agar PDP dan ODP memisahkan limbah medis ini dan jangan dibuang begitu saja ke tempat pembuangan sampah atau TPS," kata Shopie kepada Borneonews pada Jumat, 22 Mei 2020.

Bukan hal yang tidak mungkin menurut Shopie, virus dapat menyebar melalui limbah-limbah tersebut karena begitu sampai di TPS banyak pemulung yang memilah-milah limbah rumah tangga.

"Hal ini akan membuat permasalahan semakin panjang. Karena apabila limbah medis Covid-19 berasal dari rumah-rumah ODP atau PDP yang sedang melakukan karantina mandiri tidak turut diawasi, bisa saja virusnya menyebar melalui limbah-limbah itu," tuturnya.

Menurut Shopie, jika tidak dikelola sesuai prosedur, limbah medis Covid-19 ini akan menimbulkan dampak buruk nantinya. Bisa saja virus akan dapat menyebar ke warga sekitar.

"Efek terdepan bisa saja tepapar saat ada pemulung yang memilah-milah sampah dan kebetulan yang dipilah adalah sampah medis Covid-19," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru