Pemprov Kalteng Salurkan BLT Kepada 1.278 KPM Terdampak COVID-19 di Barito Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 22 Mei 2020 - 18:25 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pemprov Kalimantan Tengah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai BLT kepada 1.278 Keluarga Penerima Manfaat atau KPM terdampak COVID-19 di Barito Selatan. Sabtu, 22 Mei 2020.


Penyaluran BLT tersebut dilaksanakan melalui PT Bank Kalteng Cabang Buntok.
Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalteng, Ati Mulyati membacakan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto mengatakan penyaluran Bansos BLT ini khusus bagi warga terdampak COVID-19 di Barsel.

Berdasarkan laporan dari GugusTugas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Kalteng, bahwa jumlah penerima manfaat yang mendapatkan bantuan sosial melalui APBD Pemprov Kalteng sebanyak 180.747 kepala keluarga tersebar di 14 Kabupaten/kota.

“Adapun nilai total keseluruhan Bantuan Tunai Langsung tersebut sebesar Rp 90,373 miliar,” kata Ati Mulyati.

“Untuk Barito Selatan sebanyak 1.278 KPM penerima BLT dengan total anggaran senilai Rp 639 juta. Per Kepala Keluarga mendapatkan Rp 500 ribu,” imbuhnya.
Ia menjelaskan, bahwa proses pendataan penerima bantuan ini diawali dengan pengajuan data keluarga terdampak dari masing-masing Pemerintah Daerah se-Kalteng.

Kemudian, sambung dia, data ini diverifikasi dan di validasi dengan cermat oleh Provinsi, agar tidak ada data yang salah, tumpang tindih atau terduplikasi.
Pihaknya menyadari bahwa mungkin masih ada keluarga yang belum mendapatkan Bansos baik bersumber dari APBN maupun APBD.

“Untuk itu saya intruksikan kepada seluruh instansi terkait Babinkamtibmas dan Babinsa di Pelosok Kalteng agar secara seksama menelusuri keluarga terdampak COVID-19 yang belum mendapatkan bantuan, agar mendapatkan bantuan pada kesempatan berikutnya,” beber dia.

Ia menjelaskan, warga penerima BLT Provinsi ini tidak boleh tumpang tindih. Contohnya jika sudah mendapatkan bantuan dari pusat, maka tidak akan menerimaBLT ini. (URIUTU DJAPER/m)
 

Berita Terbaru