Ini Imbauan Gubernur Kalteng Kepada Warga Barito Utara terkait Covid-19

  • Oleh Ramadani
  • 22 Mei 2020 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pada penyaluran dana bantuan sosial terdampak Covid-19 kepada warga di Kabupaten Barito Utara, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran menyampaikan imbauan kepada warga terkait virus corona (Covid-19).

“Penyerahan bantuan sosial bagian yang tak kalah pentingnya dari sambutan ini adalah imbauan gubernur yang tak henti-hentinya kepada masyarakat agar selalu patuh dan penuh kesadaran menjalankan semua protokol kesehatan yang telah disosialisasi dan edukasikan,” kata Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan H Sapto Nugroho, Jumat 22 Mei 2020 di Bank Kalteng cabang Muara Teweh.

Ia meminta warga tidak bosan untuk rajin mencuci tangan. "Ingatlah untuk selalu memakai masker, jaga jarak, jangan bersalaman, makan makanan bergizi dan konsisten melakukan social dan physical distancing."

Ia juga menjelaskan bahwa pada saatnya nanti akan ada beberapa wilayah di Kalteng yang diberlakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar. Pemberlakuan ini bukanlah pengekangan atas kebebasan masyarakat tapi sesungguhnya merupakan upaya tulus pemerintah untuk melindungi rakyatnya.

Kalau melihat data statistik, sebenarnya upaya-upaya sosialisasi, edukasi, pencegahan dan penanganan terhadap korban Pandemi Covid-19 di Kalteng semakin menunjukkan hasil yang signifikan.

“Akan tetapi kita tetap mewaspadai kondisi mencemaskan yang terjadi di berbagai wilayah termasuk provinsi yang berbatasan dengan Kalteng. Untuk itu demi kebaikan, kesehatan dan keselamatan seluruh rakyat Kalteng, saya meminta kita semua untuk membatasi diri dengan tidak berkunjung ke luar wilayah provinsi ini,” katanya lagi.

Gubernur Kalteng juga sangat tegas membatasi dan mengawasi kedatangan orang dari provinsi lain kecuali berupa gerakan perekonomian untuk kebutuhan vital, logistik dan sembako. Pembatasan ini semata-mata untuk memutus rantai penularan virus Covid - 19.

“Saya harus berani bertindak, karena siapa lagi yang harus paling terdepan dalam menjaga rakyat Kalteng ini kalau bukan saya selaku Gubernur,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, walaupun di situasi Pandemi Covid–19, upaya kita bersama untuk kemajuan Kalteng mulai menunjukkan hasil yang menggembirakan. Pemerintah pusat telah menunjukkan keseriusannya untuk menjadikan Kalteng sebagai lumbung pangan nasional.

“Untuk itu mari momentum ini kita jadikan harapan bahwa walaupun di situasi pandemi, para petani harus meningkatkan produktivitasnya sambil tetap menjaga protokol kesehatan. Petani tetaplah produktif bekerja dan pemerintah menjamin bahwa cadangan beras kita tetap tercukupi bahkan untuk 1 tahun ke depan,” imbuhnya.

Berita Terbaru