Legislator Minta Perketat Jalur Laut dan Sungai, Antisipasi Pemudik dari Zona Merah

  • Oleh Naco
  • 23 Mei 2020 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Berbagai modus dilakukan oleh sejumlah warga dari zona merah untuk memasuki Kalimantan Tengah.  Mulai dari berpura-pura berjalan kaki ketika melintasi pos petugas hingga memanfaatkan akses laut dan sungai.

Terkait itu, Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, H Rudianur menegaskan agar petugas berwenang memerketat masuknya warga dari zona merah melalui transportasi laut dan sungai.

"Gugus tugas harus memperketat itu, karena jalur laut dan sungai kami lihat masih rawan masuknya pemudik dari zona mereh," tegas Rudianur, Sabut, 23 Mei 2020.

Seperti dari Kalimantan Selatan, sangat dimungkinkan dilalui. Karena aktivitas kapal dari wilayah tersebut kerap menuju ke Pagatan, Kabupaten Katingan. Sementara untuk ke Kotim dari wilayah Pagatan tidak memerlukan waktu lama via sungai.

Bahkan, jika memang ada yang ditemukan harus ada tindakan tegas seperti meminta mereka kembali. Atau jika memang ingin masuk harus dilakukan swab test hingga karantina.

"Kalau dari jalur darat saya yakin sulit mereka masuk. Sementara yang longgar saya lihat jalur sungai dan laut," pungkasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru