Petugas Damkar Gunakan Pelindung Ekstra saat Evakuasi Tawon di Lokasi Karantina Pasien Covid-19

  • Oleh Wahyu Krida
  • 23 Mei 2020 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kotawaringin Barat (Kobar) menggunakan pakaian pelindung ekstra saat mengevakuasi sarang tawon di gedung karantina pasien covid-19, Jumat, 22 Mei 2020 sekitar pukul 19.30.

Sarang tawon tersebut berada di lantai 2 eks Klinik Kusuma yang saat ini digunakan sebagai tempat karantina pasien covid-19.

Kepala Bidang Damkar Kobar, Dwi Agus Suhartono, Sabtu, 23 Mei 2020 menjelaskan sekitar 10 petugas damkar diturunkan dalam proses evakuasi.

"Sebenarnya proses evakuasi kali ini bisa dikatakan mudah. Lantaran sarang tawon berada di plafon lantai 2 dan bisa dijangkau dengan mudah," jelas Dwi Agus Suhartono.

Namun, lantaran lokasi ini digunakan sebagai tempat karantina pasien covid-19, maka petugas harus dilengkapi dengan perlindungan double.

"Selain menggunakan APD untuk mencegah tersengat tawon, petugas juga wajib menggunakan baju hazmat lengkap agar tidak terpapar covid-19. Jadi baju hazmat tersebut digunakan di bagian terluar setelah APD anti tawon," jelasnya.

Dia menjelaskan 5 petugas yang masuk untuk melakukan evakuasi, keluar kembali sekitar 1 jam kemudian dengan membawa sarang tawon berdiameter sekitar 70 cm.

"Pasca evakuasi, baju hazmat kita serahkan kepada petugas kebersihan khusus di tempat tersebut untuk dimusnahkan. Kemudian baju APD anti tawon lanngsung kita rendam di baskom dengan deterjen dan petugas damkar juga langsung mandi. Ini merupakan protokol standar keselamatan untuk mencegah covid-19," jelas Dwi Agus Suhartono. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru