Polres Gunung Mas Akan Perketat Penjagaan di Perbatasan Palangka Raya Jelang Mudik Lebaran

  • Oleh Hendra
  • 23 Mei 2020 - 16:20 WIB

BORNEONEWS,  Kuala Kurun - Kapolres Gunung Mas AKBP Rudi Asriman mengatakan pihaknya akan memperketat penjagaan diperbatasan Palangka Raya menuju Kabupaten Gunung Mas menjelang mudik lebaran. 

"Kami akan memperbanyak personel di perbatasan Palangka Raya menuju Kabupaten Gunung Mas, tepatnya di Kecamatan Sepang,  sampai H+7 lebaran nanti," ucapnya di Kuala Kurun, Sabtu, 23 Mei 2020.

Rudi mengatakan, hal itu untuk mengantisipasi luapan masyarakat yang melakukan aktivitas mudik menjelang lebaran.

Karena dari informasi yang diterima selama ini masih banyak masyarakat, khususnya pendatang, yang main kucing-kucingan dan berhasil lolos dari penyekatan kepolisan. 

Padahal imbau larangan mudik sudah disampaikan jauh-jauh hari saat pelaksanaan Operasi Ketupat. Namun imbauan itu masih tidak dipatuhi oleh masyarakat. 

"Untuk itu kami akan memperketat dan memperbanyak personil di perbatasan Sepang sampai H+7 lebaran. Dan ini sudah kami bicarakan dalam rapat dengan pemerintah daerah serta pihak terkait lainnya," katanya.

Bagi masyarakat pendatang yang sudah terlanjur lolos dari penyekatan, dan mau kembali ke Kabupaten Gunung Mas, nantinya akan didata terlebih dahulu oleh petugas di pos perbatasan Sepang- Pulang Pisau. 

Setelah didata,  lanjutnya, masyarakat akan diminta melakukan isolasi mandiri selama 14 hari, sesuai ketentuan protokol penanganan Covid-19.

"Jadi selama 14 hari ke depan, setelah datang ke Kabupaten Gunung Mas mereka tidak boleh melakukan kegiatan yang berhubungan masyarakat. Ini konsekuensinya bagi masyarakat tetap melakukan aktivitas mudik dan tidak mengikuti anjuran pemerintah," tuturnya. (HENDRA/m) 

Berita Terbaru