Ratusan Warga India yang Terdampar di Indonesia Dipulangkan

  • Oleh Teras.id
  • 23 Mei 2020 - 22:41 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Sebanyak 900 orang warga India yang terdampar di Indonesia akhirnya dipulangkan ke rumah masing-masing lewat Misi Vande Bharat. Misi yang digelar Pemerintah India bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia tersebut berlangsung dari tanggal 19 Mei hingga tanggal 22 Mei 2020.

"Maskapai nasional, Air India, menjadwalkan empat penerbangan pada 19-22 Mei 2020, dari Jakarta ke berbagai kota di India," ujar Kedutaan Besar India di Indonesia sebagaimana dikutip dari siaran pers mereka, Sabtu, 23 Mei 2020.

Kedutaan Besar India menjelaskan, dari 900 warga India yang dipulangkan, beberapa di antaranya adalah ibu hamil, pasien kritis, siswa, dan turis.

Mereka pulang ke New Delhi, Mumbai, Ahmedabad, serta Bengaluru. Setibanya di negara asal, kata Kedubes India, ke-900 orang tersebut tidak akan langsung diarahkan untuk pulang ke rumah masing-masing.

Mereka akan menjalani masa karantina dulu selama dua pekan. Hal tersebut menyusul masih bahayanya pandemi virus Corona (COVID-19) di India.

Karena Misi Vande Bharat adalah hasil kerja sama dengan Pemerintah Indonesia, maka Pemerintah India juga membantu pemulangan WNI di India.

Kedubes India menyatakan, kurang lebih 200 WNI dan pemegang KITAS Indonesia dibantu kepulangannya dengan menggunakan pesawat charter.

"Ini termasuk keluarga perwira TNI yang telah pergi ke India untuk pelatihan di bawah kerja sama pelatihan bilateral," ujar Kedubes India. (TERAS.ID)

Berita Terbaru