Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cina Berencana Tingkatkan Rasio Utang untuk Pemulihan Ekonomi

  • Oleh Teras.id
  • 24 Mei 2020 - 22:10 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Cina berencana menaikkan tingkat utang untuk menstimulasi permintaan (demand) dan memerangi dampak ekonomi dari pandemi virus corona (Covid-19).

"Tingkat utang yang tepat dapat membantu pembangunan ekonomi dan sosial, dan pembangunan ekonomi dan sosial yang sehat dapat membantu mengendalikan tingkat utang," kata Pejabat Senior di Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Cina Cong Liang, yang dilansir Bloomberg, Minggu, 24 Mei 2020.

Menurutnya, rasio utang pemerintah Cina yang mencapai 38,5 persen dari produk domestik bruto (PDB) pada 2019, masih relatif rendah secara global.

"Kita perlu menghadapi kenyataan dan meningkatkan tingkat utang yang sesuai," tutur Cong.

Cina berencana meningkatkan defisit fiskal dan menerbitkan anti-virus government bonds, skala pinjaman yang memperhitungkan dampak ekonomi, serta kebutuhan untuk mengendalikan risiko terkait utang. Hal itu merupakan langkah khusus dalam menanggapi situasi yang dinilai belum pernah terjadi sebelumnya.


Cina akan meningkatkan pinjaman pemerintah secara signifikan dan memperluas permintaan domestik sejalan dengan pendapatan yang menurun dan pertumbuhan ekonomi melambat ke level terendah dalam beberapa dekade.

Perdana Menteri Li Keqiang juga menjanjikan defisit fiskal akan melebihi 3,6 persen dari PDB, tingkat tertinggi dalam setidaknya satu dekade, di samping dana sisa yang sebesar 3 triliun yuan (US$ 420,8 miliar), 1 triliun yuan utang anti-virus dan utang lokal khusus 3,75 triliun yuan untuk membiayai pembangunan infrastruktur.

Menurut ekonom di Standard Chartered Plc, rasio defisit fiskal yang diperbesar ini dapat mencapai sekitar 11 persen.

Jika pemerintah Cina menghabiskan semua yang telah direncanakan, maka rasio defisit fiskal diperkirakan naik 5,5 persen dari PDB dibandingkan dengan tahun lalu.

TERAS.ID

Berita Terbaru