Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Barru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tips Menjaga Kondisi Mobil Selama Pandemi Virus Corona

  • Oleh Teras.id
  • 25 Mei 2020 - 12:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Dengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna mengurangi penyebaran virus corona (Covid-19) penggunaan kendaraan pun berkurang secara drastis. 

Namun demikian, sangatlah penting untuk tetap menjaga kondisi dan performa kendaraan untuk menghindari kerusakan-kerusakan permanen yang dapat terjadi ketika kendaraan sedang di berada rumah. 

Berikut beberapa tips dan trik dari PT Aneka Petroindo Raya (BP-AKR) yang dapat dilakukan oleh pemilik kendaraan agar tetap bisa menjaga performa kendaraan selama PSBB.

1. Menyalakan Mesin Kendaraan

Aki kendaraan akan habis dengan seiringnya waktu, karena walaupun kendaraan dalam kondisi mati beberapa fitur elektronik akan tetap hidup untuk memonitor kondisi kendaraan tersebut.

Untuk menghindari terjadinya kerusakan pada aki kendaraan, ada baiknya jika mesin kendaraan dinyalakan setidaknya dua minggu sekali. 

Menyalakan mesin kendaraan setidaknya dua minggu sekali tidak hanya membantu menjaga kondisi aki kendaraan, tetapi juga akan mencegah mesin dan mekanisme lainnya mengering.

Jika kendaraan didiamkan terlalu lama, maka oli kendaraan dapat mengendap, cairan terpisah, dan segel-segel yang berfungsi sebagai pengunci atau penutup katup dapat mulai mengering dan akan menyebabkan kerusakan. 

Dengan menyalakan mesin, meskipun hanya untuk sejenak dapat membantu menjaga sirkulasi cairan dan memastikan semua bagian yang bergerak seperti transmisi, rem, dan sebagainya, tetap terlumasi dengan baik.

2. Menjaga Kebersihan Kendaraan

Anda harus memastikan kendaraan dibersihkan sedikitnya tiga kali dalam seminggu. 

Untuk mobil, Anda dapat menyalakan AC untuk membersihkan partikel debu yang ada di dalam mobil. 

Berita Terbaru