Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Blora Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Adik Via Vallen Positif Covid-19, Tetangga Melapor ke Puskesmas

  • Oleh Teras.id
  • 25 Mei 2020 - 13:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Adik pedangdut Via Vallen dinyatakan positif Covid-19. Via mengabarkan kondisi sang adik lewat unggahan di akun Instagramnya pada Minggu, 24 Mei 2020.

Awalnya, adik Via menjalani pemeriksaan di bagian paru-parunya dan ditemukan ada pneumonia atau infeksi paru-paru. Via mengaku jauh sebelum ada pandemi, sang adik juga pernah mengalami sesak napas. "Orang tua khawatir karena takut corona (fyi aktifitas adekku hampir setiap hari ke Surabaya anter jemput pacarnya kerja di Mall)," tulis Via.

Ia pun memutuskan untuk berkonsultasi dengan beberapa dokter spesialis. Mereka kompak menyatakan kalau adik Via tidak mengalami sakit yang serius dan hal tersebut terjadi karena rokok. "Tp krn salah satu gejala corona adalah pneumonia, dirumah juga ada orang tua yang sakit. Jadi untuk memastikan semuanya beneran baik-baik aja, aku bawa dia rapid ke rs rujukan #covid19 dan hasilnya non reaktif," tulis Via Vallen.

Namun hasil tersebut belum membuat Via tenang. Ia akhirnya meminta sang adik untuk mau menjalani pemeriksaan swab. Awalnya para suster di rumah sakit tidak menyarankan untuk melakukan swab karena menurut mereka rappid test sudah cukup akurat. "Karena aku pengen memastikan 100 persen dia baik-baik aja, ya aku maksa aja dia swab dengan ngejanjiin kalau hasilnya negatif aku kasih uang jajan karena sebenenya dia ga mau di swab," tulis Via.

Tak disangka hasil pemeriksaan swab menyatakan adik Via positif Covid-19. "Setelah menunggu 10 hari, ternyata hasilnya positif. Dan dari dinkes ada yang lapor ke RT buat bantu ngawasin adekku (di luar sepengetahuan keluarga karena aku belum tau kalo adekku positif)," tulis Via.

Via Vallen tampil dengan hijab berwarna coklat dan gamis bernuansa hijau coklat. Perempuan kelahiran 1 Oktober 1991 itu mengaku, niatnya untuk berhijrah dan berhenti menjadi pedangdut belum bisa dilakukannya sekarang. Menurutnya, ia belum memiliki pegangan untuk hidup selain musik. Instagram/viavallen

Entah bagaimana berita mengenai sang adik yang positif Covid-19 secara tiba-tiba tersebar luas ke lingkungan rumahnya. Tidak hanya menjadi perbincangan warga setempat, rumah Via sampai didatangi Satpol PP. 

"Tiba-tiba beritanya menyebar dan keluarga yg tinggal di rumah lamaku itu setiap kali ada yg lewat depan rumah pasti ada aja yg lewat sambil nyindir-nyindir. Karena adekku masih bolak balik rumah lama ke baru, akhirnya ada yang lapor ke puskesmas dan akhirnya jadi rame nyamperin ke rumah, ada mobil puskesmas, satpol pp dan mobil polisinya juga," tulis Via.

Supaya situasi lebih kondusif, Via akhirnya menemui para petugas dan warga sekitar untuk memastikan bahwa sang adik tidak akan keluar rumah. Yang menjadi permasalahan adalah sang adik tidak percaya kalau terpapar Covid-19 karena merasa sehat. 

"Terus aku di salah-salahin gara-gara maksain dia swab, karena waktu itu dia denger sendiri beberapa suster dan orang di RS tersebut udah bilang gak perlu swab! Karena aku janjiin uang akhirnya dia mau di swab," tulis Via.

Namun adik dan keluarganya tetap melakukan karantina mandiri di rumah selama dua minggu untuk memastikan mereka tidak akan menularkan kepada siapapun. "Udah 2 minggu lebih adekku di isolasi mandiri di rumah, sekeluarga juga di TCM 2x dan udh selesai karantina selama 14 hari," tulis Via Vallen.

TERAS.ID

Berita Terbaru