Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jembrana Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Modus Oknum Tak Bertanggung Jawab Tawarkan Restrukturisasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Mei 2020 - 13:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia atau APPI, Suwandi Wiratno menjelaskan modus yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab yang menawarkan restrukturisasi kepada debitur dari perusahaan pembiayaan.

"Sehubungan dengan program restrukturisasi yang diberikan perusahaan pembiayaan kepada debitur yang terdampak pandemi Covid-19, saat ini diketahui ada pihak yang tidak bertanggung jawab mengatasnamakan beberapa perusahaan pembiayaan dan menguhubungi debitur perusahaan pembiayaan tersebut dan menawarkan program restrukturisasi," kata Suwandi kepada Borneonews pada Senin, 25 Mei 2020.

Modusnya, lanjut Suwandi, yakni janji memberikan keringanan pembayaran sebesar 20 persen dari jumlah angsuran.

"Informasi ini disampaikan oknum tersebut melalui nomor Wahtsapp yang sama namun selalu diganti nama perusahaan pembiayaannya," tambah Suwandi.

Selain itu, lanjutnya, oknum ini juga menerbitkan kwitansi elektronik sebagai bukti pembayaran kepada debitur, seolah-olah debitur benar telah membayarkan kepada perusahaan pembiayaan dimaksud.

"Melihat modusnya yang rapi, diduga pihak ini merupakan suatu jaringan yang sangat terorganisir sehingga terlihat meyakinkan sebagai perusahaan pembiayaan," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru