Wisatawan Hendak ke Pantai Kubu Diminta Putar Balik

  • Oleh Wahyu Krida
  • 25 Mei 2020 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Situasi berbeda terjadi di lokasi wisata Pantai Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada H+1 Idul Fitri 1441 H, Senin, 25 Mei 2020.

Pasca dikeluarkannya kebijakan untuk menutup tempat wisata akibat pandemik covid-19, Pantai Kubu yang biasanya ramai dikunjungi warga dalam suasana libur lebaran, saat ini kondisinya terlihat sepi.

Kapolsek Kumai Iptu Ancas Apta Nirbaya menjelaskan penutupan kawasan wisata di Kabupaten Kobar termasuk Pantai Kubu merupakan tindaklanjut surat edaran Bupati Kobar Nurhidayah terkait situasi pandemik covid-19.

"Dalam surat edaran Bupati tersebut bahwa seluruh tempat wisata di Kabupaten Kobar ditutup sementara terkait situasi dan kondisi pandemik covid-19," jelas Kapolsek.

Menurut Kapolsek, pihaknya bersama bersama pihak lain seperti Dishub Kobar dan Satpol PP Kobar sengaja meminta masyarakat yang terlanjur melintasi halan menuju lokasi Pantai Kubu untuk kembali ke rumah masing-masing.

"Sejak pukul 06.00 WIB kami sudah berjaja di gerbang portal Pantai Kubu. Pagi tadi lumayan banyak pengendara yang kami minta untuk berbalik arah, karena selama covid-19 destinasi wisata di tutup sementara," jelas Kapolsek.

Selain itu, menurut Kapolsek, pihaknya juga melakukan patroli di kawasan Pantai Kubu mencegah adanya kunjungan masyarakat untuk berwisata ke Pantai Kubu melintasi jalur jalan lain.

"Harapannya masyarakat menyadari bahwa penutupan kawasan wisata ini bertujuan mencegah terjadinya penularan dan penyebaran covid-19. Semoga kondisi wabah ini bisa segera berlalu agar segala aktivitas bisa kembali seperti biasanya," jelas Kapolsek.

Ibat, salah seorang warga Desa Kubu menuturkan, kondisi sepi ini terjadi selama pandemik covid-19 ini kawasan wisata Pantai Kubu.

"Bila dibandingkan dengan tahun lalu, suasanya sangat berbeda. Namun bagaimana lagi, kondisi ini juga dirasakan oleh semua sektor usaha saat ini, termasuk sektor pariwisata. Jadi kita ikuti saja anjuran pemeritah," ujarnya.(WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru