Meski Virus Corona Mengancam, Timur Tengah Tak Lupakan Lebaran

  • Oleh Teras.id
  • 25 Mei 2020 - 15:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pandemi virus Corona (COVID-19) tidak menghalangi negara-negara Islam di timur tengah untuk merayakan Lebaran (Idul Fitri). Malah, Lebaran tahun ini relatif lebih aman dan 'sepi' dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan terbatasnya gerak warga di tengah lockdown Corona. Di Afghanistan, misalnya, kelompok pemberontak Taliban sampai menerapkan gencatan senjata agar libur Lebaran berjalan tenang.

Berikut adalah potret perayaan Idul Fitri di berbagai negara Islam yang dikumpulkan dari berbagai sumber, Senin, 25 Mei 2020:

1. Arab Saudi

Suasana pelaksanaan salat Idul Fitri di Masjidil Haram di tengah pembatasan aktivitas akibat virus Corona, di Mekah, Arab Saudi, Ahad, 24 Mei 2020. Instagram/@haramain_info

Di Arab Saudi, lockdown virus Corona (COVID-19) masih berjalan. Publik hanya boleh meninggalkan rumah untuk membeli obat-obatan ataupun makanan. Dengan kata lain, publik juga tidak diperbolehkan menggelar Salat berjamaah untuk merayakan Idul Fitri.


Sebagai ganti Salat berjamaah, Pemerintah Arab Saudi menayangkan ibadah Idul Fitri dari Kabah di Mekkah. Hanya beberapa orang yang diperbolehkan hadir di acara tersebut. 

2. Palestina

Seorang pria membagikan balon pada anak-anak Palestina saat merayakan Hari Raya Idul Fitri di dekat Yerusalem, 24 Mei 2020. REUTERS/Ronen Zvulun

Tidak berbeda dengan Arab Saudi, Salat Idul Fitri berjamaah di Masjid Al-Aqsa juga dilarang pada Ahad kemarin, 25 Mei 2020. Masjid tersebut baru akan dibuka setelah masa liburan Idul Fitri usai.

Meski akses ke Masjid Al-Aqsa sudah ditutup oleh Kepolisian, ternyata masih ada saja warga yang membandel. Dikutip dari situs Al Arabiya, dua orang di luar Masjid Al-Aqsa ditangkap oleh pihak Kepolisian karena mencoba menerobos masuk ke masjid. Selain, itu Kepolisian juga membubarkan unjuk rasa illegal yang digelar di luar Masjid Al-Aqsa.

Berita Terbaru