Dosen UPR: Pasar Tempat Umum Pasti Dikunjungi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Mei 2020 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Palangka Raya (UPR) Darmae Nasir mengatakan bahwa setiap rumah tangga yang tinggal di Perkotaan pasti mempunyai minimal satu orang anggota keluarga yang pergi ke pasar baik rutin maupun berkala. Artinya pasar adalah merupakan tempat umum yang pasti dikunjungi oleh warga Kota.

"Untuk itu maka, yang mesti kita pikirkan dalam mencegah penularan corona virus dieses 2019 atau covid-19 adalah pasar," tegas Darmae kepada Borneonews pada Senin, 25 Mei 2020.

Ini sejalan dengan prinsip ilmu kesehatan menurutnya, yaitu lebih baik mencegah daripada mengobati.

"Pencegahan harus dinomorsatukan. Karena itu muncullah yang disebut protocol covid-19 yang dikeluarkan oleh WHO atau organisasi kesehatan dunia," kata Kepala UPT Laboratorium Lahan Gambut CIMTROP, Universitas Palangka Raya ini.

Diperlukan upaya pencegahan menurut Darmae karena wabah ini akan terus berlangsung hingga ditemukannya vaksin, karena hanya itulah obat pamungkasnya.

"Kapan vaksin akan ditemukan, tidak ada yang tahu pasti. Artinya yang bisa kita lakukan adalah optimalisasi upaya pencegahan," tegasnya.

Hal ini juga dituliskan Darmae dalam surat terbuka yang ditujukan kepada Gubernur Kalimantan Tengah, Bupati dan Wali Kota, Wakil Bupati dan Wali Kota, Tim Gugus Tugas Covid-19, serta para Anggota DPRD di Seluruh Kalimantan Tengah. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru