Dosen UPR Sarankan Pemerintah Contoh Pasar Terapkan Protokol Pencegahan Covid-19 di Vietnam

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Mei 2020 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Palangka Raya, Darmae Nasir meminta pemerintah mencontoh Vietnam yang membuat pasar tradisional dengan menerapkan protokol pencegahan covid-19.

"Negara ini yang pertama kali membuat pasar tradisional dengan menerapkan protokol covid-19. Hasilnya, negara ini yang sukses melewati masa pandemi dengan jumlah total terjangkit minimal di semua Negara ASEAN," kata Darmae, Senin, 25 Mei 2020.

Darmae menyadari bagaimana penerapan pasar tradisional di negara tersebut, terutama di HO CHI MINTH CITY karena beberapa kali berkunjung ke sana.

"Tidak berbeda jauh dengan pasar tradisional kita di Indonesia dari segi desain, namun saya pastikan lebih bersih. Di Indonesia yang menerapkan ini kita ketahui yakni Kota Salatiga di Jawa Tengah," tuturnya lagi.

Kepala UPT Laboratorium Lahan Gambut CIMTROP, Universitas Palangka Raya ini mengaku tahu betul.

"Saya selalu berusaha mengunjungi pasar tradisional pada setiap kota yang saya kunjungi, untuk mengetahui apa yang disebut perekonomian rakyat baik di dalam maupun luar negeri. Apa produk kegiatan ekonomi rakyat yang menggerakan perekonomian di level rumah tangga itu terlihat di pasar tradisional," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru