Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gorontalo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Barito Timur Minta Pemkab Transparan Gunakan Anggaran Penanganan Covid-19

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 25 Mei 2020 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Ketua DPRD Kabupaten Barito Timur, Nursulistio meminta pemerintah kabupaten agar transparan dalam penggunaan anggaran penanganan Covid-19, maupun dampak sosialnya.

Terkait itu, dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut mengawasi pengelolaan dana tersebut.

"Kami mengajak semua pihak untuk mengawasi dana itu. Baik dari kalangan masyarakat, tokoh masyarakat, hingga penegak hukum," ujar Nursulistio, Senin 25 Mei 2020.

Terkait realokasi dan refocusing anggaran sebesar Rp 61 miliar untuk penanganan Covid-19, Nursulistio menegaskan pemerintah kabupaten hingga saat ini tidak pernah mengajak rapat pembahasan.

"Kami belum tahu, dari mana saja dana yang dirasionaliasi dan ada berapa anggarannya, serta penggunaanya untuk kemana saja," ungkapnya.

Menurut Nursulistio, DPRD sudah mengirim surat sebanyak dua kali untuk meminta penjelasan masalah realokasi dan refocusing anggaran.

"Dari balasan kedua surat itu, untuk pertama pemkab membalas tapi tidak lengkap dan tidak sempurna. Untuk balasan surat kedua juga tidak sempurna, bahkan pemkab menyampaikan pelaporan dan permintaan persetujuan ke pihak DPRD," paparnya.

Dia menjelaskan, seharusnya Tim Anggaran Pemerintah Daerah atau TAPD cepat mengajukan perubahan anggaran, selanjutnya sampaikan ke pihak legislatif untuk dipelajari sebelum disetujui.

"Jika pemkab mengajukan, kami pelajari dulu. Apakah ini memenuhi dan efektif penggunaanya nanti. Akan tetapi, sampai saat ini, DPRD saja tidak tahu berapa dananya, asalnya dari mana saja, serta peruntukannya," imbuhnya.

Nursulistio berharap, agar pemerintah daerah secepatnya menyampaikan rincian sumber realokasi anggaran tersebut serta penggunaannya.

"Ini keadaan tanggap darurat dan seharusnya pemerintah daerah cepat dalam penanganannya," pesan Nursulistio. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru