Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kata Doni Monardo Butuh Waktu Lama Sesuaikan Diri dengan Pandemi

  • Oleh Teras.id
  • 26 Mei 2020 - 08:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan pandemi Corona belum akan berakhir. Menurut dia, belum ada kepastian vaksin akan ditemukan dalam waktu dekat untuk mengakhiri pandemi ini.

“Oleh karenanya kita akan butuh waktu lebih lama untuk sesegera mungkin menyesuaikan dengan wabah pandemi ini,” kata Doni di Gedung BNPB, Jakarta, Senin, 25 Mei 2020.

Doni mengatakan masyarakat dituntut untuk bisa beradaptasi dengan pola hidup baru. Ia meminta masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak dan sesering mungkin mencuci tangan.

Menurut dia, dalam beberapa pekan ini, beberapa daerah menunjukan grafik penularan yang menurun. Namun, beberapa daerah lainnya justru meningkat. Ia mengingatkan semua masyarakat akan pentingnya menuruti aturan pemerintah.

Salah satunya, mengenai ketentuan berpergian. Ia mengatakan setiap orang wajib menunjukan surat keterangan negatif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test dengan jangka waktu paling lama tiga hari. Sedangkan untuk mereka yang menjalani tes Polymerase Chain Reaction, jangka waktu berlakunya surat itu selama 7 hari.

Petugas, kata Doni, akan selalu mengecek surat itu di setiap tempat keberangkatan seperti bandara, pelabuhan atau cek poin yang ada di jalan raya dan kereta api. Apabila tak bisa menunjukan, maka petugas akan menyuruhnya kembali. (TERAS.ID)

Berita Terbaru