Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tabanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pilkades Pondok Damar Dibawa ke Ranah Hukum

  • Oleh Naco
  • 26 Mei 2020 - 12:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dimas salah satu kandidat calon Kepala Desa Pondok Damar, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur yang bersaing pada pemilihan kepala desa beberapa waktu lalu membawa hasil pemilihan kepala desa ke ranah hukum Bahkan laporannya disampaikan ke kepolisian, Selasa, 26 Mei 2020.

Dimas memilih jalur hukum setelah dirinya menyurati panitia pemilihan kepala desa. "Berdasarkan surat jawaban dari Panpilkades Pondok Damar atas gugatan saya pada 18 Maret 2020 bahwa saya diarahkan untuk membawa gugatan saya ke jalur hukum, sehingga kasus ini saya laporkan secara pidana," ucap Dimas seusai menyampaikan laporannya ke Polres Kotim.

Dimas melayangkan laporannya karena ada dugaan kejanggalan terhadap kades terpilih nomor urut 01 berinisial KN.

Karena ijasah SD yang digunakannya diduga tidak sah karena hanya menggunakan surat keterangan tanpa nomor STTB ijasah, akan tetapi waktu itu diluluskan dari seleksi berkas.

Selain itu menurut Dimas dalam persyaratan pencalonan bakal calon tersebut, sama sekali tidak melampirkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

"Padahal seharusnya jika memang ijasah yang bersangkutan hilang salah satu syarat harus membuat surat kehilangan dari polisi," tukasnya.

Namun kata dia itu tidak ada, anehnya yang membuat surat kehilangan justru pihak sekolah, ini yang membuatnya berkeyakinan membawa masalah itu ke ranah hukum.

"Saya sebelumnya melaporkan permasalahan ini ke Kejaksaan. Namun katanya ini masuk pidana sehingga saya laporkan ke Polres Kotim," tegasnya.

Dimas berharap laporannya segera ditindaklanjuti agar terbongkar jika memang ada dugaan permainan dalam Pilkades Pondok Damar. Karena dirinya merasa dirugikan dalam persoalan ini.

Terpisah Ketua Panpilkades Pondok Damar, Yadi Berty saat dikonfirmasi membenarkan kalau permasalahan Pilkades Pondok Damar dilaporkan Dimas calon Kades nomor urut 02 ke Polres Kotim.

Berita Terbaru