Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bantul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng akan Perbanyak Alat Rapid Test

  • Oleh Nopri
  • 26 Mei 2020 - 14:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah kembali mempersiapkan membeli alat rapid test yang akan digunakan untuk pemeriksaan secara masal kepada masyarakat di kabupaten maupun kota.

Dalam kegiatan pemeriksaan ini rencananaya pemerintah provinsi akan melakukan kerja sama dengan Polda Kalteng dan Korem, Selasa 26 Mei 2020.

"Sehingga kita bisa memperluas cakupan-cakupan dengan harapan dapat memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kalimantan Tengah," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng Suyuti Syamsul.

Dia menambahkan tidak melakukan swab secara masal, karena kapasitas maksimal hanya 100 tes per hari, yang artinya dari 50 sampai 70 orang per hari, sehingga pemerintah provinsi hanya melakukan rapid test.

Untuk rapid test yang reaktif akan ditarik, selanjutnya terkait perkembangan teknis, dengan menggunakan PCR masal, maka pengambilan sampelnya itu berbahaya, karena sampel tersebut akan menjadi aerosol dan akan menyebar melalui udara.

"Terkait kegiatan rapid test  di pasar ini bisa dikatakan sebagai klaster, sehingga kita akan melihat perkembangan kedepannya bagaimana dan saya berharap di pasar ini tidak ada lagi yang positif," harapnya. (NOPRI/B-6)

Berita Terbaru