Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Ramania Barito Timur Bangun Jembatan Gunakan DD

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 26 Mei 2020 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Desa Ramania, Kecamatan Patangkep Tutui memberdayakan warga di desa setempat melalui kegiatan pembangunan jembatan kayu.

Pembangunan yang melibatkan tenaga kerja warga Desa Ramania tersebut merupakan realisasi penggunaan dana desa atau DD tahap I tahun 2020.

"Pemanfaatan DD untuk pembuatan jembatan merupakan hasil musyawarah bersama warga,"  kata Kepala Desa Ramania Armansyah, Selasa 26 April 2020.

Dia menjelaskan, DD tahap I yang diterima oleh Desa Ramania, sudah dimasukkan dalam RAB APBDes yang memuat rencana kegiatan pembangunan infrastruktur, mulai dari jembatan serta pembangunan lainnya.

"Pembangunan insfratuktur yang menggunakan anggaran DD itu berdasarkan usulan dari warga yang kemudian dibahas dalam musrenbang tingkat desa. Karena itu, jika ada usulan warga yang belum bisa terealisasi pada tahun ini, harap maklum dan akan diusulkan pada tahun depan," imbuhnya.

Menurutnya, anggaran yang terserap besarnya bervariasi, sesuai volume kegiatan atau proyek yang dikerjakan. "Saat ini, kami telah merealisasikan pembangunan jembatan dua unit. Yakni Pembangunan Lanjutan Jembatan Mabaluh di RT 2 ukuran 10x2 meter dengan anggaran lebih kurang Rp 18 juta," jelas Armansyah.

Kemudian pembangunan jembatan Maliyau Bungur di RT 1 ukuran 4x2 meter dengan anggaran sebesar Rp 9 juta. "Kami berharap pembangunan jembatan ini, bisa memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat karena memudahkan dalam mengangkut hasil pertanian,"  harapnya. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru